Hitam Pahit Hidup

>> 30/01/14

Yuni Budiawati


Aku hitam
Tidak kotor, memang hitam
Hitamku buat mereka demam
Bak si mata sipit, sedikit terpejam
Tapi mereka langsat, aku legam

Aku hitam
Aku dengar celoteh mereka, samar
Gelak tawa, saat 'Atut' gadis desa disebut
Kata sampah, saat amarah diumbar
Harapan saat rombongan ibu pulang dari pasar

Aku pahit
Tidak untuk semua, cuma mereka
Katanya manis itu 'tuk wanita
Memang, pahit lebih menggigit

Aku pahit
Mereka menyeruput lanjut sampai luput
Sampai si lelaki tinggi hitam berteriak, "Dia mati gantung diri! katanya ditinggal
mati istri, hutangnya ditagih rentenir, dompetnya tipis, anaknya overdosis!"
Hitamku muncrat, mereka sadar aku pahit

Hitam pahit adalah aku
Betul, hidup juga begitu
Coba mereka nikmati seperti hitam dan pahitku
Mungkin hidup lebih hidup, tak akan redup


Ciputat, ditemani secangkir moccacino dan rintik hujan,
Jumat, 24 Januari 2014

0 komentar:

  © KOLIBÉT Komunitas Literasi Alfabét by Ourblogtemplates.com 2014

Log In